Ada Tumpukan Sampah, Warga Terserang ISPA

Tumpukan sampah di Tangsel. (Dien)

Titanews-Tumpukan sampah liar yang hanya berjarak sekitar 20 meter dari Perumahan Laverde, Cluster Viver Jelupang, Jalan Buaran Timur, Jelupang, Serpong Utara Tangsel membuat warga geram.

Sebab, tumpukan sampah setinggi 5 meter tersebut menimbulkan bau busuk yang menyengat dan sering kali terbakar dengan sendiri karena mengandung gas metan.

Dampak dari kepulan asap dan bau busuk tersebut, anak-anak menjadi terkena demam dan Inpeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

“Tetangga saya anaknya kena ISPA sampai nangis batuk-batuk, itu karena setiap malam nyengat sekali bau sampah dan asap pembakarannya. Kalau tidak salah ada dua anak yang demam,” ungkap salah satu warga Hendro, Rabu (14/8).

Lanjut Hendro, aktivitas pembuangan sampah di lokasi tersebut telah berjalan sejak lama.

“Ya itu memang sampah sudah lama. Saya enggak tahu kalau dari mananya, karena pas ditanya enggak dibilang dari mana. Ada yang pakai truk ada yang pakai mobil buang sampahnya,” ujarnya.

Selain asap pembakaran, lalat pun mulai bermunculan dan mengganggu warga.

“Selain asap api pembakaran, laler juga sudah mulai banyak disini, dua bulan ini sudah mulai banyak laler,” tambah Hendro.

Sementara itu, Kasi Persampahan pada Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Tangsel, Rastra Yudatama mengatakan pihaknya telah meninjau lokasi pembuangan sampah tersebut. Dan, petugas telah mencari titik api yang kerap menimbulkan asap.

“Sedang dipapar sampahnya mencari dan mengurangi asap dan titik api. Intinya kita sudah melakukan langkah-langkah, untuk mengurangi asap yang di timbulkan oleh api yang muncul dari dalam sampah lama di lokasi tanah milik warga,” terang Rastra. (Dien)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*