Kemendag Klaim Harga Sembako Turun

Tangerang – Operasi pasar untuk memantau harga bahan pokok selama bulan Ramadhan dilakukan oleh Kementerian Perdagangan di Pasar Serpong, Sabtu (11/5/2019).

Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan, Srie Agustina yang turun langsung dan menjumpai para pedagang mengatakan, bahwa harga bahan pokok di Pasar Serpong relatif stabil.

“Dari pemantauan harga, kami melihat dan mencermati, bahwa harga stabil. Serta ketersediaan yang cukup,” ucap Srie.

Dirinya juga mengatakan, ada beberapa harga barang kebutuhan pokok yang harganya mulai berangsur turun.

“Misalnya seperti bawang merah turun yang tadinya Rp 80 ribu, sekarang menjadi Rp 60 ribu. Lalu cabe juga turun dari Rp 30 ribu menjadi Rp 25 ribu,” katanya.

Meski ada beberapa bahan yang mengalami penurunan, tidak demikian dengan harga ayam yang masih mencapai Rp 45 ribu. Namun dengan kenaikan tersebut masyarakat sebagai konsumen, justru harus menyikapinya dengan cermat dan cerdas.

“Kenaikan ini bisa disikapi dengan cermat atau dengan cerdas oleh konsumen. Jadi kalau konsumen beli harga biasanya naik, maka beli saja ayam dalam bentuk utuh dibersihkan sendiri. Kalau bentuk utuh kan lebih murah 2 sampai 3 ribu, bersihkan di rumah jadi lebih murah harus disikapi dengan cerdas,” paparnya.

Sementara itu Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie berharap harga bahan pokok yang berangsur turun akan tetap stabil.

“Harapan kita harga bahan pokok pada posisi dengan nilai ekonomis di masyarakat. Dan juga membawa rasa aman dan nyaman bagi konsumen selama bulam Ramadhan, karena biasanya permintaan beberapa item meningkat di bulan Ramadhan,” kata Benyamin. (Lan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*