Lomba Cipta Menu B2SA, 45 Peserta Dituntut Ciptakan Lunch Box

Lomba Cipta Menu. (Dien)

Titanews. Sebanyak 45 peserta perwakilan dari 6 kecamatan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), mengikuti Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) 2019 dengan menciptakan beragam menu makan dalam bentuk box berbahan dasar non beras dan non terigu.

“Berbeda dengan sebelumnya, pelombaan yang diadakan pertama kali di Kawasan Pertanian Terpadu ini dapat menciptakan menu keluarga yang memiliki citarasa tinggi, bergizi dan mempunyai nilai daya jual. Sehingga ada nilai ekonomi yang diperoleh, aagar pemanfaatan pangan lokal dapat terus berkelanjutan,” ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Nur Slamet, Kamis (18/7/2019).

Menurutnya, guna mendorong percepatan penganekaragaman pangan, maka perlu dilakukan secara fokus baik di sisi hulu maupun hilir. Dari sisi hulu dilakukan dengan peningkatan penyediaan berbagai jenis dan aneka ragam pangan, sehingga tidak tergantung hanya pada salah satu jenis bahan pangan saja.

Sedangkan dari sisi hilir, strategi yang dilakukan meliputi pengembangan pengolahan pangan lokal berbasis industri rumah tangga, inovasi resep menu khas nusantara, serta kampanye atau gerakan sosialisasi dan promosi untuk merubah mindset masyarakat dalam pola konsumsi pangan.

“Sejalan dengan itu, dilaksanakan berbagai program diantaranya berupa promosi olahan pangan lokal dan penerapan pangan berbahan dasar jagung, ubi, singkong atau kentang, dengan berprinsip pada non beras dan non terigu agar bisa menghilangkan ketergantungan beras,” ungkapnya. (Dien)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*