Taryono: Prestasi Akademik Gantikan Zonasi

Tangerang – Pada hari pertama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Tangsel baru membuka pra pendaftaran bagi masyarakat yang ingin melakukan pendaftaran di jalur zonasi, prestasi, perpindahan orang tua dan peserta didik dari luar Tangsel.

Kepala Dindikbud Tangsel, Taryono mengatakan di hari pertama ini pendaftaran verifikasi berkas berjalan kondusif dan lancar.

“Alhamdulillah semua berjalan lancar untuk jalur zonasi jarak ini, untuk verifikasi data semua,” imbuh Taryono, Senin (24/6/2019).

Akan tetapi, Dindikbud Tangsel memberikan kesempatan bagi para pendaftar yang gagal lolos di jalur zona jarak untuk mendaftar kembali.”Bagi pendaftar yang tidak diterima di zonasi jaraka bisa mendaftar lagi di jalur prestasi akademik atau NEM,” terangnya.

Dengan adanya sistem tersebut, Taryono mengaku karena melihat kondisi di Tangsel yang hanya mempunyai 22 SMP Negeri tapi penyebaran SMP Negeri tidak merata.

“Tentunya kami patuh ketentuan dan peraturan Kemendikbud. Tapi kami sesuaikan kondisi real di Tangsel yang hanya ada 22 sekolah negeri dan penyebarannya tidak merata. Ada satu kecamatan yang sampai lima skeolah, tapi ada satu kecamatan lain hanya satu sekolah negeri. Maka Dindikbud Tangsel memodofikais berdasarkan kondisi real yaitu ada jalur zonasi jarak maupun ada jalur zonasi selain jarak yaitu NEM,” papar Taryono.

Adapun penjadwalan PPDB SMP di Tangsel yakni pra pendaftaran PPDB SMP di Tangsel dibuka pada 24-25 Juni untuk jalur zonasi, prestasi, perpindahan orang tua dan peserta didik dari luar Tangsel.Pada 26-27 Juni dilakukan pendaftaran jalur jarak dengan sistem online.

Kemudian pada 29 Juni pengumumam untuk jalur jarak. Setelah itu, tanggal 3-5 Juli dibuka pendaftaran PPDB selain jalur jarak seperti jalur luar zonasi, prestasi, siswa tidak mampu, Aparatur Negara, disabilitas/inklusi dan jalur perpindahan orang tua.

Di tanggal 8 Juli akan ada pengumuman PPDB selain jalur jarak secara offline maupun online sesuai dengan pilihan sekolah. Dan, baru pada tanggal 9-11 Juli siswa yang lolos dan diterima di sekolah pilihannya, melakukan daftar ulang. (Ray)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*